Selasa, 20 November 2012

Belajar cara biar bisa Belajar

Bagi seorang yang sedang studi, belajar menjadi kebutuhan yang sangat amat penting. Mengapa? karena reward and punishment dalam keseharian seorang yang sedang studi sangat ditentukan oleh kemampuan memahami materi studi. Semakin dia memahami materinya akan semakin mudah mendapatkan reward dan semakin susah memahami akan semakin mudah pula mendapatkan punishment. Reward and punishment bukan hanya perkara nilai baik(buruk) saja. Penerimaan sosial di lingkungan studi, perasaan dibutuhkan oleh kolega, aktualisasi diri dan kepuasan saat memahami merupakan reward yang sangat menyenangkan bagi seorang yang sedang studi. 

Untuk mencapai itu semua, sangat penting mengetahui bagaimana belajar yang efektif agar mudah memahami materi sehingga semua reward dapat tercapai dengan mudah pula. Inilah masalahnya, (masalah saya saja) bagaimana cara belajar yang paling menyenangkan bagi saya agar mudah memahami materi sehingga reward reward dr lingkungan saya bisa didapatkan? oh my god.. sampe sekarang masih mencari-cari.. sempat beberapa waktu belajar dimalam malam buta menjadi kebiasaan dan saya menikmatinya dan tugas pun lancar, namun apa efeknya? bangun pagi pegel, ngantuk, dan pusing. Diperparah kalo pagi jam 7 udah suruh kuliah, oh my god, rasanya pengen bersin trus trusan krn alergi dingin dan debu makin sensitif deh klo abis lembur smlmnya. 

Okay, change the way, belajar dikampus dari jam 8 pg sampe jam 4 sore juga pernah kunikmati beberapa waktu lalu, tugas dan materi lancarr jayaa.. sampai setiap malam selalu rasanya lelah, letih, lesu. Apalagi ditambah sedang memenuhi diet tidak makan malem, oh my god.. malem cuma bisa guling-guling dikasur sambil internetan, chatting dan telpunan aja... (gimana lagi iniiii....). 

Pernah coba free style aja deh, biar senyamannya, alhasil dengan kebiasaan saya yang on-mood klo mw bljr saya harus nunggu sampe on-mood klo pengen bljrnya maksimal dan keren. Apa yang saya lakukan biar on-mood? kopi pernah menyenangkan dan menenangkan, tp apa yang didapatkan, saya overcoffe dan saya merasa seperti orang tua (rentan, mudah lelah, cepat pusing dan ketergantungannya makin tinggi sama kopi itu dah).. gimana lagi yak biar bisa on-fire on-mood belajar?? tidak mudah bagi saya menemukan momment dimana otak bekerja maksimal dan membaca materi berasa membaca komik, antusiasme memuncak seperti bermain game dan menonton filem. aaah, saya coba lagi membuat mood saya on-fire dengan menonton filem dulu ato main game dulu alhasil?? saya menyesali perbuatan saya membuang2 waktu dan berakhir menyesal, bete dan finnaly lompat dari jendela biar bangun2 ga perlu kekampus krn udah dirumah sakit (ini hiperbola).. ternyata cara itu ga fit juga, 

tadi baru saja hari ini, saya ga mood, bner2 ga mood karena harus baca artikel yang seharusnya sudah dibaca 2 minggu lalu tapi krn kesenangan saya bersenang2 (film dan game) saya baru mau baca sekarang, dan karena saya punya prinsip be number one or die, (saya lebih memilih die krn teman2 kolega udah pada selesai tugas ini 3 step forward dari saya). oh my godd... gimana cara bkin on-mood krn ini kewajiban yag harus diselesaikan... ak cb dengerin musik, seneng, tp ga bisa baca krn kepanasan, arrggh... ak cb beli kopi, stlh beli kopi di kantin, sempet kepikir selama ini blm pernah coba aku sholat dlu ya sblm bljr (mksdnya blm pernah nyoba sholat biar bisa on-mood belajar), then i try, i leave my coffee then take a pray for a momment, alhasil?? selesai sholat hati masih tidak tenang, pikiran tidak enak, panas rasanya dan masih belum sesuai harapan bahwa sholat bisa menenangkan hati jadinya bisa belajar. ahh.. akhirnya aku cb aja duduk, minum kopi, setel musik, dan status update dengan bilang hanya dengan ijinnya ini artikel bakal bisa lebih mudah dibaca dan dipahami (saya status update dng harapan dan doa dan suggesti itu bisa bikin hati saya tenang) alhasil? yap, sekarang saya menikmati artikel, memahami dan membacanya dengan penuh antusias dan semangat.. almost 90% done.. thanks god, it's really without You i can't read it clearly..

Tidak ada komentar: