Selasa, 13 Desember 2011

Tips ngerjain Skrip(sweet/sh*t)...

Believe it or not, kunci nyelesein skripsi cuma satu : KEJAR TERUS DOSEN PEMBIMBINGNYA
Nah ni breakdown gimana cara ngejar terus dosennya :
  • Klo dosen bilang seminggu lagi ya... *kita jangan leha leha, ya gpp si leha leha 1 hari, bis itu kerjain yang blm dikerjain, 
    • Misal lg proposal suruh nunggu seminggu lg, kita mule cari data aja,
    • Misal data udah dapet, kita coba langsung analisis dulu
    • Misal lg males mikirrr, bikin aja kata pengantar
    • Bikin kata pengantar males?, bikin daftar pustaka
    • Males liat tulisaaaan, ya klo gitu mipil bikin Ppt yang warna warni 
    • Males di depan komputer ?, Klo gitu bikin cover skripsi deh, ato survey fotocopian murah n bagus buat jilid skripsi
    • Males nyentuh2 kertas?, kuliner aja, cari tempat makan yg terjangkau dan enak buat persiapan seminar (MAU ALESAN APA LAGI..?)
    • Pengennya belanjaaa, ya udah belanja aja cari hem putih, clna kain item sm spatu oke buat seminar n pendadaran *yg bermerek sekalian, krn kepake banget buat jobseeker nanti.
    • udah kan ga ada alesan leha-leha klo lg skripsi

  • Kedeketan sama dosen itu hal wajib waktu ngerjain skripsi :
    • Cari info dari fesbuk, linkend, twitter, blog dosen yang bersangkutan, invite dan pahami trackrecord beliau, ini sangat bermanfaat untuk memahami topic yg disenengi dosen dalam pembicaraan dan ini sangat membantu klo mau basa basi sblm bimbingan. *Jadi si dosen ngerasa nyambung sama kita karena kita ngbrol hal yang dosen senengin kan, dan itu kan boost mood dosen menjadi baek krn keliatan kita agak pinter. Believe it or not, nnti kedepannya bakal lebih gampang urusan sama dosen itu.
    • Klo dosen sering keluar kota, ato keluar negri cari info ngapaen dy kesana, urusan apa, biar *lagi2 bisa basa basi klo ketemu (at least ga sunyi klo dosen lg baca skripsi kita aja sii)
    • Klo kita abis mudik, ato holiday jangan lupa siapin oleh2 yang rada mahal buat dosen pembimbing, *ini akan berdampak dosen merasa diperhatikan dan dy pasti akan memberikan perhatian lebih juga ke kita.
    • Klo dosen lg ngajar dikelas, ikut masuk kelasnya ditmp dosen ngajar, *ini memberikan sinyal klo kita bner2 serius pengen bimbingan dan semangat ’45. Pasti dosen akan luluh dan ga akan memperlama.
    • Ikutin klo dosen pembimbing lg ngisi seminar ato workshop atau apapun, *ini alesannya sama kaya diatas itu. (anggep aja ini buat refreshing kita daripada ngerjain skripsi terus, mending ngejar2 dosen aja lebih fun kan?  *ga pake mikir loh)

  • Jangan sampe skripsi ditangan kita >1 hari, klo dosen kasih revisian jam 10 pagi, langsung aja garap sebisanya semampunya semaksimalnya, trus sore jam 3 kasih lagi ke dosennya. *tips ini bkal bkin dosen kewalahan dan sdkt terusik dengan keberadaan kita, tp ini nunjukin semangat kita buat cepet selesai. Karena skripsi yang baek itu adalah Skripsi yang selesai.

  •  Buat orang2 idealis / perfeksionis, jangan terlalu banyak pertimbangan / banyak alasan / banyak mikir (aku blm paham mksdnya ini, ini gimana ya penelitiannya, ini bner ga ya variabelnya, ini sampelnya gimana cara carinya) biasanya orang2 ini akan berujung lama mengerjakannya karena ingin skripsinya SEMPURNA, FYI : Skripsi adalah LATIHAN PENELITIAN (agus suroso, 2010). Jadi banyak celah, banyak kesalahan, banyak ketidak sempurnaan itu wajar, klo mau perfect nanti klo dah mau jadi Doctor. Kerjain aja skripsi sebisanya, semampunya, semaksimal yang kamu bisa (Putri P, 2010). Kalo bingung cara analisisnya cari aja orang yg pinter analis, analisis kan Cuma alat bantu aja, yg penting tau agrumen skripsimu(Wahyuning D, 2010).

Semoga semua bisa mengerjakan skripsi dengan lancar dan benar (bukan sempurna yaa). ^^ 

7 komentar:

Anonim mengatakan...

waaauuw nice info kakaaaaakk :)

Anonim mengatakan...

Good yan namanya membantu dan memberi penrangan dan menolong temen2 yg mau buat skrripsi itu bagus krn mhs di DO mayoritas krn tdk mampu dan tdk bisa menyelesaikanu skripsi shg dia gaga. Alias DO gara2 skripsi yg terbengkelai

ascaries mengatakan...

Jangan-jangan ketidakmampuan mahasiswa ngerjain skripsi karena KURIKULUM di Universitas nya yang masih belum bisa menyusun mind-set mahasiswa untuk berfikir research, logis, dan kritis?

*atau dosennya sendiri yang memang tidak mampu melatih mahasiswanya untuk berfikir ke arah demikian?

(semua evaluasi deh : mahasiswa dan dosen)

Anonim mengatakan...

nanya mas..klo dosennya cma ya lanjutkan..lanjutkan aje gmna tuh??

ascaries mengatakan...

lanjutkan bermain dng skripsimu, :D

Anonim mengatakan...

Bahahahaha.. mas ganteng 101% ocre.. :D
satu lagi mas bro, skripsi jangan pake perasaan ngerjainnya, pake logika aja, jangan banyak alesan apa lagi males,awkwkw..
di corat coret dosen? di cerca? di pending setaun? nunggu di jurusan 2 hari 2 malem? atau seperti saya.. DISOBEK-SOBEK?? nyante aja kale,, jangan pake hati kalo ada kasus kayak gitu yang ada tar malah males n keki ma dosennya ujung2 nya malah males trus kebengkalai n pemutihan,,bahaha..
selow aja.. skripsi itu untuk dikerjain, bukan untuk diratapi.. hoho,,

Anonim mengatakan...

aku idealis mas..hahaha
tar ga lagi ah...
nice info...